Earth Hour: Satu Jam Saja, Lalu Lanjutkanlah..

Earth Hour+ tak hanya sekedar memadamkan lampu

Satu Jam Saja. Ya, pasti kalian teringat akan sebuah judul lagu dan film. Tapi satu jam saja, kita bisa sedikit merubah dan menyelamatkan dunia. Bagaimana?

Earth Hour merupakan sebuah gerakan yang diikuti seluruh dunia yang diadakan oleh WWF atau World Wildlife Fund. Gerakan ini bertujuan “menghemat” sumber energi di bumi, menurunkan kadar polusi dan menyelamatkan pepohonan. Saya sih tidak akan membahas soal prosesnya bagaimana.

Earth Hour dicetuskan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald tahun 2007 dan melibatkan 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak perlu. Kampanye ini tak hanya melibatkan masyarakat namun juga pemerintah dan perusahaan ternama dunia.

Lalu, apakah kita juga harus berpartisipasi?

Tentu saja iya, jika kalian masih peduli pada bumi ini. 1 jam memadamkan lampu bukan hal yang sulit dilakukan bukan? 😉

Apakah akan berpengaruh?

Tentu saja membawa pengaruh yang cukup besar. Kalian bisa melihat  video filler Earth Hour 2011 untuk lebih jelasnya.

Kapan itu Earth Hour?

Earth Hour+ 2011 akan dilaksanakan pada 26 Maret 2011 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.

Earth Hour+?

Tahun ini juga merupakan Earth Hour yang berbeda dari Earth Hour sebelumnya. Earth Hour+ mengajak kita melanjutkan kegiatan ramah lingkungan ini menjadi sebuah gaya hidup. Seperti bersepeda, menggunakan transportasi umum, mematikan AC saat tidak digunakan dan sebagainya. Gaya hidup ini juga mendorong warga dunia agar melakukan dampak nyata memelihara bumi.

Langkah + (plus) yang bisa kita lakukan.

Langkah + (plus) apa yang akan kamu lakukan, Men?

Saya pribadi sih sudah menjalankan sebagian poin-poin diatas, seperti:

1. Naik angkutan umum. Selain bisa beristirahat dalam perjalanan, terbukti angkutan umum lebih murah ketimbang angkutan pribadi. Namun kita masih harus berharap banyak agar angkutan umum ini makin nyaman sehingga mendorong minat masyarakat menggunakan transportasi massal.

2. Membawa botol air minum sendiri. Sepele sih, tapi itu berarti saya sudah (setidaknya) mengurangi penggunaan kemasan botol plastik yang menjadi salah satu penyebab bertambahnya sampah. Nah, dengan cara berhemat itu pula secara tidak langsung kita menghemat energi juga.

3. Nah, yang terakhir…mematikan alat elektronik saat tidak digunakan. Masih suka lupa sih, tapi saya sudah memulai mencoba.

Earth Hour membutuhkan kesadaran dari setiap individu untuk ikut berpartisipasi menyelamatkan dunia dengan cara menghemat energi.

Kalo kalian sendiri gimana?

So, pastikan kalian ambil bagian dalam Earth Hour+ 2011 ya! Ambil foto atau video bagaimana kalian menghabiskan waktu pada Earth Hour dan jadikan foto dan video tersebut sebagai inspirasi bagi orang lain dengan di  www.earthhour.wwf.or.id.

Dan jangan lupa ceritakan kisah serunya dengan mengirimkan artikel ke tim Earth Hour Indonesia di earthhourindonesia@gmail.or.id

Untuk update terbaru, silahkan follow Twitter-nya @EHindonesia. Gunakan hastag #earthhour #60plus

 

——

*foto-foto diambil dari sini.

14 thoughts on “Earth Hour: Satu Jam Saja, Lalu Lanjutkanlah..

  1. udah mau earth hour lagi? wooooogh… cepat amat, perasaan baru kmrn dapet hadiah dari WWF gara-gara posting soal eartg hour (–“)

    *OOT*
    ahem! kayaknya kenal deh siapa yang motret photo di header atas itu..
    hihihihihi

  2. Rumah Baru!

    Iya om, sempet ikutan promo gerakan ini sampe akhirnya banyak juga yang protes kalau belum dimatikan saja sudah mati lebih dari satu jam ‘uhuk’

    mari kita dukung earth hour!
    ‘cari kue… kueeee…’ 🙂

  3. @MakChic hahahaha…iya, itu kan MakChic yang fotoin. Lupa bilang. Makasih yaaaaa…. XD Eh, hadiah dari WWF? Emang ada kontesnya? #pengenan

    @Sella selamat datang di rumah baru. 😀

  4. Pasti ikutan! Tapi bingung mo ngapain ya selama sejam itu?

    Btw gue udh lakuin hampir semua suggestions diatas Men, kecuali matiin printer sama cetak print pake kertas bolak-balik. Ihiks suka diomelin kalo print bolak-balik…

  5. @eka berhubung dirimu sudah bersuami, bikin pesta kecil aja di kebun/halaman rumah. Nyalain lilin seadanya, ditemani minuman hangat dan camilan, lalu berbincang tentang apa saja yang kalian sukai sambil melihat bintang. Romantis banget kaaan? 😀 Etapi kalo hujan, bisa di teras atau di dalam rumah juga sih, cuma ga ada bintang aja :p

  6. sama sekali gak ada salahnya kita ikut berpartisipasi dalam earth hour.
    jangan sombong, kalo bumi kita sehat kan kita juga yang senang.
    kalo bukan kita (manusia yang berakal) yang menjaga bumi tempat tinggal kita sendiri, siapa lagi? alien?
    jangan sampai film The Day the Earth Stood Still jadi kenyataan. #ngelindur

  7. Pingback: Bagaimana Cara Mendukung Earth Hour? : Kandangnya Rusa Bawean

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *