Isu Lama yang Masih Terpelihara?

Aksi Alexandra Wallace saat "melampiaskan" kekesalannya di YouTube

Video-mu, Harimau-mu. Begitulah kata yang tepat bagi Alexandra Wallace, mahasiswa UCLA (University of California, Los Angeles) yang sedang dikecam oleh dunia maya. Lantas apa sebab?

Tadi pagi secara tak sengaja saya melihat video yang cukup menarik perhatian saya untuk melihatnya. Bayangkan saja, video tersebut (setidaknya ketika tulisan ini dibuat) telah “dibenci” oleh sekitar 8 ribuan pengguna You Tube.

Kenapa, Men? Banyak juga tuh yang “unlike”…

Dalam video yang berdurasi hampir 3 menit itu, terlihat Alexandra Wallace sedang  menumpahkan kekesalannya. Kekesalan itu memang terlihat biasa saja karena tidak dilakukan dengan berteriak-teriak dan penuh emosi, namun dari komentarnya, ia telah menyeret hal yang sangat sensitif: rasisme.

Saat itu, Alexandra mengaku terganggu dengan seseorang yang disebutnya sebagai pelajar dari negara Asia yang membuyarkan konsentrasinya karena menerima telepon di perpustakaan. Ia juga membawa-bawa kebiasaan buruk yang seharusnya tidak dilakukan di negaranya, Amerika. –kurang lebih begitu–

Sontak hal tersebut menuai kritik dan protes, terutama dari pihak akademisi UCLA. Dikutip dari Daily Bruin, Robert Naples, Associate Vice Chancellor and Dean of Students, secara pribadi telah menerima sekitar 100 lebih e-mail berisi pengaduan atas tindakan menjijikan Alexandra. Alexandra dinilai tidak pantas melakukan hal tersebut kejadian itu telah membuatnya merasa terganggu. Dan beberapa pihak menganggap tindakannya tidak menunjukkan sikap seorang mahasiswa Universitas California-Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat.

Terus?

Satu demi satu reaksi bermunculan. Mahasiswa UCLA dan orang yang melihat video tersebut (terutama yang memang ber-ras Asia) membuat video tandingan. Video-video yang diunggah terbilang unik, karena disajikan dengan parodi dan gaya khas masing-masing.

Video 1 oleh BigBeeDOH:

PARODY Asians in the Library – UCLA Girl (Alexandra Wallace) going wild on Asians

Video 2 oleh swissersian:

“Asians in the Library” – Response to Alexandra Wallace

Dan video keren oleh jimmy:

Asians in the Library Song (Response to UCLA’s Alexandra Wallace)

Duh…nyebelin ya?

Saya pribadi sih wajar jika orang Asia yang dimaksudnya itu kaget ketika menerima telepon tentang berita yang mengejutkan. Yang dalam video ini, katanya, penerima telepon itu terkejut oleh berita gempa dan tsunami di Jepang. Maka saya juga ikut gusar dengan video tersebut yang melecehkan ras, apapun itu.

Eh, Men, terus kelanjutannya gimana tuh?

Yang saya baca sih, UCLA masih memprosesnya dengan pihak-pihak yang terkait. Namun protes dan video tandingan masih terus bermunculan hingga saat ini. Termasuk protes dari saya pribadi, hihihi.. :p Dan video asli yang diunggah Alexandra itu sendiri telah dihapus.

Punya pendapat penutup gak, Men?

Duh…kenapa sih kita gak bisa nerima perbedaan? Kenapa sih kita yang sama-sama menginjakkan bumi yang satu ini masih membawa-bawa isu rasis? Isu lama itu, ya mbok jangan dipelihara. Sudah gak jaman juga kan masa Apartheid yang sama-sama membawa isu rasisme? Kalau memang kita bisa lebih bijaksana, pasti kita akan lebih menghargai perbedaan yang indah itu. Bukan begitu bukan? 😉

 

 

4 thoughts on “Isu Lama yang Masih Terpelihara?

  1. waw… bahaya emang klo nyangkut rasis… tapi klo udah kejadian ya kita juga jgn terlalu ambil pusing lah.. biar gak makin ribet.. toh pasti sudah ada nginetin.. 😀

  2. sebenernya sih ya isu ras, agama, suku, blablabla itu emang ngga bisa dipisahin dari kehidupan kita tapi yaa itu… kita harus bisa “menyimpan” dan “mentoleransi” hal itu. semua orang punya kelebihan dan kekurangan lah :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *