Pernah Ikut Mudik Gratis?

Waktu kecil, saya sering iri kalau lihat liputan di TV tentang mudik gratis. Khususnya yang diadakan untuk para penjual jamu di sekitaran Jabodetabek. Alasannya adalah setiap mereka diliput, nampak wajah senang yang terpancar di wajah-wajah mereka. Selain karena mudik ini benar-benar gratis, juga tak ada kekhawatiran bahwa mereka akan berebut untuk masuk ke bus. Saya yang biasanya mudik ke Sukabumi justru sering mengalami rebutan untuk dapat naik ke bus di terminal Kampung Rambutan. Menimbulkan sedikit rasa traumatis di masa kecil jika akan mudik. Sampai terbesit ide, “Bagaimana kalau kita jualan jamu saja, Mah? Nanti ikutan mudik gratis. Tapi ada rute yang ke Sukabumi kan?

Mudik gratis ini merupakan bentuk apresiasi perusahaan jamu kepada para penjual dan distributor jamu agar mereka dapat pulang ke kampung halaman (yang mana kebanyakan berasal dari provinsi Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur) dengan aman dan nyaman. Perusahaan itu adalah PT Sido Muncul, perusahaan jamu ternama yang berpusat di Ungaran, Jawa Tengah, yang merupakan salah satu perusahaan yang konsisten selama 27 tahun mengadakan kegiatan mudik gratis.

Tak berjudulPada konferensi pers tanggal 16 Juni 2017 di Jakarta, Pak Irwan Hidayat selaku Presiden Direktur Sido Muncul menyampaikan, awalnya mula mudik gratis ini dimulai sejak tahun 1991. Tujuannya untuk membantu para pedagang jamu agar lebih mudah mudiknya. Dengan menggunakan 17 armada bus PT Sido Muncul memberangkatkan 1200 pedagang jamu untuk mudik gratis pada tahun itu. Duh, enak banget sih… Di Ramadan tahun ini, PT Sido Muncul kembali melakukan mudik gratis untuk yang ke-28 kali. Serempak dilaksanakan pada Sabtu 17 Juni, sebanyak 15.000 orang pemudik dengan 260 bus diberangkatkan ke ke 7 kota, yaitu Cirebon, Kuningan, Tegal, Banjarnegara, Solo, Wonogiri, dan Jogjakarta! Banyak yaaaaa.. Photo by @coretanmasdede

Bicara soal jumlah, sebenarnya jumlah peserta tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu. Bukan karena pengurangan kuota, tapi diperkirakan karena kondisi ekonomi pedagang jamu yang dinilai makin membaik dan didorong oleh banyaknya perusahaan lain yang menyelenggarakan mudik gratis.

Oh iya, dalam konferensi pers juga disampaikan, bahwa PT Sido Muncul juga ke depannya ingin menambah rute mudik gratis. Apabila lancar, bukan tidak mungkin daerah lain seperti ke Sumatera bisa menjadi tujuan mudik gratis PT Sido Muncul selanjutnya. Amiiiiin… Semoga ke Sukabumi juga ada ya, hehe.. :p

Kalau kalian sendiri, pernah ikut mudik gratis gak sih? Ceritain dong serunya! ;)

Penuh Kebahagiaan di #BukberAdaro

Jumat, 17 Juni 2016 lalu, saya berkesempatan menghadiri acara buka puasa bersama yang diadakan oleh PT. Adaro Energy, Tbk (Adaro) di GOR Soemantri Brodjonegoro. Wah…ternyata ini bukan saja acara buka puasa yang biasa, sangat spesial karena kehadiran 1000 tamu istimewa.

Sekitar 1000 tamu istimewa ini yaitu 1000 anak yatim yang datang dari yayasan panti asuhan sekitar Jabodetabek. Dari info yang saya dengar, mereka sebelumnya dihibur oleh tayangan film dari CJR (itu lhooo…Coboy Junior). Tapi karena saya datang mendekati waktu berbuka, jadi acara sudah beralih ke kuis dan permainan. Lalu kemudian dilanjutkan dengan siraman rohani oleh ustaz yang akrab disebut dengan Kang Rashied.

#BukberAdaro
Waktu berbuka puasa tiba, santapan berbuka puasa mulai dibagikan. Seluruh anak-anak, karyawan Adaro Energy dan tamu-tamu termasuk saya menyantap takjil bersama-sama. Berlanjut dengan salat magrib berjamaah dan kemudian berlanjut dengan makan malam yang diiringi musik dari panggung.
#BukberAdaro
Bagi Adaro Energy sendiri, kegiatan ini juga pernah diadakan tahun lalu dan mengundang anak yatim dengan jumlah yang sama. Tak hanya memberi santunan, Adaro ingin menyampaikan pesan bahwa anak yatim ini merupakan titipan Allah SWT yang perlu kita berikan kebahagiaan, karena dengan demikian hal tersebut dapat membawa berkah bagi yang membahagiakannya. Saya setuju sekali. :)

#BukberAdaro | foto oleh @ZhilanZPR
Presiden Direktur Adaro Energy, Bapak Boy Thohir, merasa senang sekali tahun ini bisa kembali berbagi kebahagiaan dengan 1000 anak yatim. Selain menjadi kebiasaan yang dilakukan Adaro Energy, juga menjadi ajang silahturahmi.

#BukberAdaro | foto oleh @ZhilanZPR

Oh iya, ternyata ada yang tak kalah spesial, yakni kehadiran CJR yang menyanyikan beberapa lagu. Padahal anak-anak ini tidak tahu kalau CJR akan benar-benar hadir saat itu. Ini merupakan pertimbangan Pak Boy Thohir bagaimana jika saat berbuka puasa menghadirkan mereka sebagai tamu. Setelah berkonsultasi dengan Kang Rashied dan disambut positif, akhirnya terwujudlah buka puasa bersama yang dihibur oleh penampilan CJR itu.


Saya sendiri melihat suasana seperti itu langsung ikut merinding dan bahagia. Pasti mereka jarang merasakan momen yang langka ini. Waaaah….senang rasanya! Semoga tahun depan bisa ada lagi ya. Amiiiiin…. :)
#BukberAdaro

beberapa foto oleh @ZhilanZPR & @venustweets

Ketika Bekas Bisa Jadi Berkah Untuk Sesama

Bekas jadi berkah? Memangnya bisa? Apa hubungan di antara keduanya?

Mendengar kata “bekas“, tentu kita tahu bahwa yang dimaksud “bekas” adalah sesuatu yang tidak terpakai atau dipergunakan kembali oleh pihak pertama. Tapi bukan berarti sesuatu yang bekas itu lantas jadi tidak berguna dan terpakai sama sekali, karena kita bisa mengubah sesuatu yang bekas menjadi lebih berguna dan menjadi berkah untuk orang lain–termasuk bekas pacar. :p

Merayakan bulan Ramadan yang baik, OLX menghadirkan program bertajuk #BekasJadiBerkah. Hayooo…siapa yang tahu?

berkah /ber·kah/ (n): karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia; berkat. – menurut KBBI

>> Apa sih #BekasJadiBerkah itu?
#BekasJadiBerkah merupakan gerakan yang dipelopori oleh OLX Indonesia pada bulan Ramadan di tahun 2014. Sukses mengajak pengguna OLX untuk berpartisipasi pada tahun lalu, tahun ini OLX Indonesia menghadirkan kembali #BekasJadiBerkah dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terlibat dalam gerakan kebaikan ini sekaligus membantu sesama di sekitar kita.

#BekasJadiBerkah merupakan gerakan untuk mengubah barang tak terpakai menjadi berkah bagi orang lain yang membutuhkan, dengan cara memasang iklan di OLX Indonesia.

#bekasjadiberkah

Hasil penjualan dari barang bekas yang kamu iklankan di OLX bisa didonasikan secara langsung, atau melalui pilihan yayasan di microsite #BekasJadiBerkah. Penjual bisa menyisihkan sebagian keuntungannya atau secara keseluruhan, oleh karena itu gerakan ini murni ajakan untuk kita sadar donasi dengan memanfaatkan barang bekas. Keren yah?

>> Hanya itu saja?
Tunggu dulu.. Dengan kamu bergabung di gerakan #BekasJadiBerkah ini kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan hadiah-hadiah menarik. Misalnya saja, uang untuk mudik, smart TV, gadget dan hadiah yang lainnya.

Sebelum ikutan, jangan lupa untuk unduh aplikasi OLX dengan klik di sini (untuk pengguna Android) dan di sini (untuk pengguna iOS). Baca juga informasi lengkap untuk berpartisipasi melalui www.bekasjadiberkah.id ya!

Gimana…tertarik berbuat kebaikan juga? ;)

THR Puluhan Juta?

Apa yang ada di benak kalian semua kalo dapet THR (Tunjangan Hari Raya) puluhan juta? Oke..oke..kalo 15 juta gimana? Masih kaget? Atau biasa aja? Hmmm…kalo gitu THR-nya 8 juta? Bingung juga atau seneng banget nih? ^^

Jangankan yang puluhan atau belasan juta, dapet 2 atau 3 juta rupiah buat THR aja udah seneng kok. Bisa beli baju baru, kue lebaran, sampe dibagi-bagiin ke keponakan pas hari raya. Beuuuhhh…berasa jadi Om-Om yang sukses ga tuh? :lol:

Tapi kalo ibu-ibu rumah tangga pasti nungguin THR-nya dari suami kan? Atau kalo mahasiswa juga belum tentu dikasih THR kan? Sekedar share aja nih, ada lho cara buat dapetin THR total puluhan juta hanya dengan masak dan berbagi kisahnya!
Fiesta3 Continue reading »